Lutung jawa

Nama Indonesia

Lutung Jawa

Nama Ilmiah

Trachypithecus auratus

Famili        

Cercopithecidae

Deskripsi

Lutung berukuran sedang, dengan panjang kepala dan tubuh antara 46-75 cm. Lutung budeng memiliki rambut tubuh berwarna hitam. Dan seperti jenis lutung lainnya, lutung ini memiliki ekor yang panjang, antara 61-82 cm. Jantan dan betina dewasa umumnya berwarna hitam, dengan betina memiliki warna putih kekuningan di sekitar kelaminnya. Anak lutung memiliki rambut tubuh berwarna jingga keemasan. Subspesies nominal, T. a. auratus yang menyebar di Jawa bagian timur, kadang-kadang memiliki individu dewasa yang berwarna jingga seperti bayi lutung, namun sedikit lebih gelap dengan ujung rambut kuning.

Kebiasaan

Aktif pada waktu siang hari di atas pepohonan. Makanan pokoknya terdiri dari tumbuh-tumbuhan. Memakan dedaunan, buah-buahan dan bunga. Spesies ini juga memakan larva serangga. Hidup berkelompok, yang dalam satu kelompoknya terdiri dari sekitar tujuh ekor lutung, termasuk satu atau dua ekor lutung jantan dewasa. Lutung betina biasanya hanya mempunyai satu anak setiap kali melahirkan dan saling bantu membesarkan anak-anak lutung. Namun lutung betina juga bersifat sangat agresif terhadap lutung betina dari kelompok lain.

Habitat

Kawasan hutan dengan berbagai variasi mulai hutan bakau di pesisir pantai, hutan rawa air tawar, hutan dataran rendah, hutan meranggas, hingga hutan dataran tinggi hingga ketinggian mencapai 3.500 mdp. Daerah jelajah lutung jawa mencapai seluas 15 ha.

No.Nama LokalNama IlmiahFamilyStatus Konservasi Status Perdagangan
P07 ’99IUCNCITES
abcd efg
1Monyet ekor panjangMacaca fascicularisCercopithecidaeTLLCII
2Lutung jawaTrachypithecus auratusCercopithecidaeLVUII
3Kucing bakauPrionailurus viverrinusFelidaeLVUII
4GaranganHerpestes javanicusHerpestidaeTLLCIII
5KelelawarMegaderma spasmaMegadermatidaeTLLC
6Berang-berang cakar-kecilAonyx cinereusMustelidaeTLVUII
7Babi hutanSus scrofaSuidaeTLLC